top of page

Tanya Jawab Expert

Publik·

Halo kak izin bertanya, tadi aku baru saja mengecewakan teman-teman kelompokku. Kami diberi tugas untuk presentasi online, perwakilan saja. Teman sekelompokku punya kesibukan semua. Sedangkan aku lagi punya waktu luang. Seharusnya aku yang inisiatif menjadi perwakilan. Tapi aku sedang punya problem dengan diri sendiri yang gabisa aku jelasin ke mereka. Aku juga ga percaya diri. Hingga akhirnya presentasi pun dilakukan oleh mereka. Padahal mereka juga sudah berkorban banyak sebelumnya. Aku bisa merasakan kekesalan mereka. Iya aku juga kalo jadi mereka kesel. Aku merasa bersalah banget. Aku merasa jadi beban banget. Merasa ngga berguna. Apalagi kontribusiku buat projek ini terbilang kecil. Aku gatau kalau besok ketemu mereka, sikapku harus gimana. Kondisiku akhir2 ini memang sedang berantakan sekali, tambah cemas memikirkan hal ini. Ya Allah..

Mohon pencerahannya kak, terimakasih banyak

Opmerkingen zijn niet geladen
Het lijkt erop dat er een technisch probleem is opgetreden. Probeer nogmaals verbinding te maken of de pagina te vernieuwen.

Bismillah , kenapa ya sy akhir2 ini kaya krisis pertemanan. Misal dalam dunia kerja , dgn teman2 yang satu instalasi sm sy , sy kaya gak bs berbaur. Mksdnya ky makan bareng,jalan bareng,saling beri hadiah dsb. Alhamdulillah biidznillah, Allah sudah memberi sy hidayah sunnah & menikah. Jd makin kesini sy merasa seperti hanya2 buang2 waktu jk ikut2 dgn tmn2 kantor sy,krna saat dikantor pun sperti sering gibah atau ngomongin ini itu,sy merasa itu bukan circle sy dan terlalu banyak hal2 yg menurut sy itu mengarah ke kemaksiatan. Tp terkadang sy merasa seperti dijauhi atau asing.mhn nasihatnya🙏🏻


Pertanyaan oleh ummuibrhm

Opmerkingen zijn niet geladen
Het lijkt erop dat er een technisch probleem is opgetreden. Probeer nogmaals verbinding te maken of de pagina te vernieuwen.

Assalamu'alaikum warahmatullahi wa barokaatuh Izin bertanya, bagaimana cara terbaik untuk melupakan keburukan orang yang pernah menyakiti kita? Jazaakumulloohu khoir


Pertanyaan oleh qyyrhm

Opmerkingen zijn niet geladen
Het lijkt erop dat er een technisch probleem is opgetreden. Probeer nogmaals verbinding te maken of de pagina te vernieuwen.

Assalamu’alaikum, kak.


Di tempat kerjaku aku cukup sering dapat tekanan, ditambah aku kerja hanya sendirian, ga ada partner yang sebidang denganku. Teman-temanku termasuk atasanku cenderung punya sikap bodo amat.


Beberapa bulan ini aku sering merasa stress, pesimis, kelelahan emosional, tapi disisi lain aku pengen semuanya sempurna, pengen semuanya serba perfect.


Opmerkingen zijn niet geladen
Het lijkt erop dat er een technisch probleem is opgetreden. Probeer nogmaals verbinding te maken of de pagina te vernieuwen.

Assalamualaikum...


Afwan sebelumnya. Ada apa ya dengan saya? Kenapa rasanya sulit untuk bisa bergaul dengan orang entah sudah lama atau baru. Padahal saya pengen tapi kenapa susah ya? padahal dulu ana orangnya itu mudah bergaul, pergaulannya sama siapa saja.


Sebenarnya dulu pernah ada kejadian sih mungkin bisa dibilang dari situ awal ana menjadi seperti ini. Jadi dulu ana pernah berteman tapi sering di kecewakan sampai dimana ana ga mau lagi buat bangun kedekatan khusus seperti sahabat seperti itu.


Opmerkingen zijn niet geladen
Het lijkt erop dat er een technisch probleem is opgetreden. Probeer nogmaals verbinding te maken of de pagina te vernieuwen.

Bismillah, Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Saya memiliki seoarang teman yang dulunya saya anggap beliau adalah teman untuk saya bersama - sama hijrah lebih baik. Namun, karena masalah takdir saja yang mana dia mendapatkan apa yang saya inginkan lebih dulu dibandingkan saya akhirnya saya sempat merasa iri dengan dia.


Dia pun waktu itu menjaga jarak dengan saya yang entah apa alasan nya. Apabila saat ini saya memutuskan untuk menjauh dari dia dengan alasan ingin melindungi hati dan diri saya dari hasad dan penyakit hati lainnya. Apakah itu hal yang dibenarkan? Mohon nasehatnya.


Opmerkingen zijn niet geladen
Het lijkt erop dat er een technisch probleem is opgetreden. Probeer nogmaals verbinding te maken of de pagina te vernieuwen.
Hamba Allah
Hamba Allah

Assalamualaikum, saya izin bertanya. Jadi saya memiliki seorang teman yang sudah mengalami depresi dari bbrp tahun yg lalu. Dia jg sudah pergi ke pskiater dan psikolog, tapi selalu tidak cocok dan dia merasa tidak ada perubahan di dirinya. Lalu, apa yg harus saya lakukan sbg caregiver/tmn terdekat? Rasanya saya ingin sekali berbicara terkait penyakitnya kpd pskiater/psikolog/keluarganya tp saya takut tdk berwenang krn hanya sbg teman. Saya takut dia akan melakukan self harm lagi yang berakibat suicd. Dia adalah org yg sulit mengekspresikan diri


Pertanyaan oleh a**y*ah_r*n*a_816

Opmerkingen zijn niet geladen
Het lijkt erop dat er een technisch probleem is opgetreden. Probeer nogmaals verbinding te maken of de pagina te vernieuwen.
Hamba Allah
Hamba Allah

izin bertanya kak, gimana caranya menyikapi perasaan tidak enak kepada orang lain?


Pertanyaan oleh w**da****s**__43

Opmerkingen zijn niet geladen
Het lijkt erop dat er een technisch probleem is opgetreden. Probeer nogmaals verbinding te maken of de pagina te vernieuwen.

Hallo kaa. Gimana sih caranya ngadepin temen yg toxic ? Kasus ku, temen ku kyak dia sering mengejek ku, dan suka nyindir gtu


Pertanyaan oleh f***_115

Opmerkingen zijn niet geladen
Het lijkt erop dat er een technisch probleem is opgetreden. Probeer nogmaals verbinding te maken of de pagina te vernieuwen.

assalamualaikum cara agar jadi orang yang sabar cara tidak grogi saat bertemu teman baru terima kasih wassalamualaikum


Pertanyaan oleh ALF***

Opmerkingen zijn niet geladen
Het lijkt erop dat er een technisch probleem is opgetreden. Probeer nogmaals verbinding te maken of de pagina te vernieuwen.

Ka, jadi aku kmrn ga sengaja mencet story ig temenku (laki²). aku dah lama ga muncul diviewer storynya, aku tuh memang kaya menghindar gitu.. hubungan pertemanan kami mnrtku ga baik² aja, aku prnah akrab, tp rasanya jd renggang, aku prnah bikin salah gitu bbrp kali, sejak itu aku klo ketemu dia rasanya kaya ga nyaman gitu, dia jg mnrtku gitu sama ga nyaman jg, aku gtau sih dia mikir gini jg ato ngga (smga engga). Ini terjadinya dulu, skrg lama ga ketemu. Tp di aku rasanya masih gitu. Krn takut reaksinya gmna tiba² muncul, aku jd bilang mf lahir batin, aku tkut reaksi+ jwban dia nnti bkal gmn..


Pertanyaan oleh straw_berry

Opmerkingen zijn niet geladen
Het lijkt erop dat er een technisch probleem is opgetreden. Probeer nogmaals verbinding te maken of de pagina te vernieuwen.

Bagaimana caranya membantu orang yang sedang di-bully tapi orang tuanya seperti tidak memberinya dukungan?


Pertanyaan oleh N****a_En****h_Ma****i

Opmerkingen zijn niet geladen
Het lijkt erop dat er een technisch probleem is opgetreden. Probeer nogmaals verbinding te maken of de pagina te vernieuwen.

Assalamualaikum kak aku mau tanya



2020-2021, aku jrang buat story ku k teman2ku. Aku biasanya cma buat story k tmn online yg dirasa aman.



Opmerkingen zijn niet geladen
Het lijkt erop dat er een technisch probleem is opgetreden. Probeer nogmaals verbinding te maken of de pagina te vernieuwen.

Bismillah



Saya pernah mengalami fenomena playing victim dri teman saya di kampus, kira² gimana cara menghadapi hal tersebt dan menanggapi teman yg sperti iti? Pertanyaan oleh anonymous

Opmerkingen zijn niet geladen
Het lijkt erop dat er een technisch probleem is opgetreden. Probeer nogmaals verbinding te maken of de pagina te vernieuwen.

assalamu'alaikum.. halo kak, semoga dalam keadaan sehat dan bahagia lahir batin mau nanya kak,

dalam hidup kan kita gabisa kontrol perbuatan orang lain yg kadang menyakiti kita dan ngasih aura negative buat kita. karena dampak negative yg banyak timbul dari org tersebut, akhirnya saya memutuskan untuk memaafkan tapi membatasi diri saya dari org tersebut dan bersosialisasi seperlunya demi menjaga kewarasan dan mengontrol amarah yg kadang muncul saat ingat perlakuan orang tsb apa secara psikologi & islam tindakan ini di benarkan kak? dalam islam sendiri kan gaboleh bermusuhan lebih dari 3 hari


Pertanyaan oleh Sa*** ****ika🌷

Opmerkingen zijn niet geladen
Het lijkt erop dat er een technisch probleem is opgetreden. Probeer nogmaals verbinding te maken of de pagina te vernieuwen.

Ada yg isfj jg ga? Kenapa ya susah bgt mengekpresikan perasaan selain senang ke org ybs misal teman, keluarga, org terdekat. Selalu menghindar/ngilang, berdiam diri dlu. Adakah yg tau gimana solusinya?


Pertanyaan oleh Just_human



Opmerkingen zijn niet geladen
Het lijkt erop dat er een technisch probleem is opgetreden. Probeer nogmaals verbinding te maken of de pagina te vernieuwen.

Bagaimana caranya survive di lingkungan yang toxic ?


Pertanyaan oleh Unknown635

Opmerkingen zijn niet geladen
Het lijkt erop dat er een technisch probleem is opgetreden. Probeer nogmaals verbinding te maken of de pagina te vernieuwen.

assalamualaikum


Akhir ini keluargaku.tetanggaku dan orang lain tidak mau memperhatikan atau mengabaikan sesuatu seperti mudah membenci saya dan kesepian yang mudah bikin iri dan sedih.gimana cara atasinya dulu saya korban bullying dimasa lalu sampai trauma disekolah...


saya udh mencoba/berusaha untuk membuka cerita tapi sulit mendapat solusinya dan tidak bisa melakukan...merasa terluka dan hancur rasanya....gimana cara melindungi dari bullying.hinaan ejekan dan ghibah tanpa sebab? terima kasih wassalamualaikum


Opmerkingen zijn niet geladen
Het lijkt erop dat er een technisch probleem is opgetreden. Probeer nogmaals verbinding te maken of de pagina te vernieuwen.

assalamualaikum


dulu saya adalah korban bullying dimasa lalu sampai trauma disekolah.sebelumnya dan sesudahnya saya udh mencoba/berusaha membuka cerita dan melaporkannya tapi malah tidak percaya sama cerita saya dan susah mendapatkan solusinya lama kelamaan terpendam masalah. saya merasa terluka dan berat.


tapi bukan hanya itu tapi teman kelas itu membiarkan saya sendirian dan menjauhi saya. tapi keluargaku tidak mengetahui tentang bully tersebut dan malah tidak percaya/membiarkan dengan masalah trsbut mohon doanya agar saya diberi kekuatan dalam masalah ini amin terima kasih wassalamualaikum


Opmerkingen zijn niet geladen
Het lijkt erop dat er een technisch probleem is opgetreden. Probeer nogmaals verbinding te maken of de pagina te vernieuwen.

Bismillah...


Saya saat ini sedang duduk di bangku sekolah menengah atas, dan saya bukan tipe orang yang memiliki banyak teman, tapi saya punya teman yang saya 'anggap' dekat karena kita punya beberapa kesukaan yang sama dan saya juga hanya berani bertanya kepadanya saja.


Ketika saya melihat teman saya akrab bersama yang lain, saya sangat iri dan dalam hati saya selalu berkata "seburuk itukah diri saya?" Padahal sebenarnya ketika saya bertanya kepada teman saya yang lain, beberapa diantara mereka dengan senang hati menjawab pertanyaan saya.


Opmerkingen zijn niet geladen
Het lijkt erop dat er een technisch probleem is opgetreden. Probeer nogmaals verbinding te maken of de pagina te vernieuwen.
anonymous
anonymous

Assalamu'alaikum ka. Aku punya temen klo dia lg pacaran, gimana ya cara menasehati temen ku ini dr sisi psikologi islam?

Makasih

Pertanyaan oleh N***han

Opmerkingen zijn niet geladen
Het lijkt erop dat er een technisch probleem is opgetreden. Probeer nogmaals verbinding te maken of de pagina te vernieuwen.

Permulaan teman saya diberi kesempatan tuk bekerja dimana saya bekerja. Dia mendapat posisi bagus saat ini. Saya punya rasa iri dg status dia saat ini. Pekerjaan lebih baik, salary yg lebih dari saya. Tp secara keilmuan saya lebih tinggi dari dia. Yang menjadi pertanyaan apakah sikap-tindakan saya baik untuk kedeoannya. Dan bagaimana saya bisa menghilangkan perasaan ini. Terima kasih atas tanggapannya.



Pertanyaan oleh fa***il***_659

Opmerkingen zijn niet geladen
Het lijkt erop dat er een technisch probleem is opgetreden. Probeer nogmaals verbinding te maken of de pagina te vernieuwen.

Assalamualaikum kak.. aku udh belajar berdamai dan memaafkan org2 d masa lalu, wlw kdang msih terbesit kekesalan klo diingat, dan klo brhari2 brhenti nulis jurnal



Aku ada rencana pgn ganti nomor, biar org2 d masa lalu ga ngontek aku lagi. Kalo kita ngasih batasan sprti itu boleh ga kak?

Pertanyaan oleh di**_si***ni_m****_3

Opmerkingen zijn niet geladen
Het lijkt erop dat er een technisch probleem is opgetreden. Probeer nogmaals verbinding te maken of de pagina te vernieuwen.